S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

Tentang Program Studi

Akreditasi

Baik

Website

-

Program studi PGMI hadir di tengah-tengah gejolaknya peningkatan jumlah Lembaga Pendidikan Islam di Indonesia. Program studi ini diperuntukan kepada calon pendidik tingkat Madrasah Ibtidaiyah yang setara dengan SD (Sekolah Dasar). Meskipun MI dan SD dikatakan setara, namun untuk PGMI dan PGSD justru berbeda. PGMI memiliki nilai plus karena tidak hanya mempelajari ilmu umum secara mendalam juga mengkaji ilmu agama.

Program studi PGMI INAIS memfokuskan dan mempersiapkan khusus pengajar di jenjang MI, sehingga lulusan PGMI dapat menjadi pendidik yang professional bagi siswa di sekolah. Gelar sarjana yang didapat oleh mahasiswa PGMI adalah S.Pd. Prospek karir lulusan PGMI ini berpeluan menjadi Guru MI dan SD Islam, Peneliti Lembaga Pendidikan MI dan SD Islam, Fasilitator dan Pelatih di berbagai Pelatihan Pendidikan MI dan SD Islam, Penulis buku-buku Pendidikan MI dan SD Islam, dan Pengelola Lembaga Pendidikan MI dan SD Islam.

Desain pembelajaran di lingkungan prodi PGMI dilakukan secara aktif, inovatif, dan produktif. Mahasiswa tidak hanya memanfaatkan lingkungan dan fasilitas kampus untuk mengkaji berbagai disiplin ilmu Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, namun pembelajaran ditunjang dengan kegiatan observasi dan studi kunjungan kepada lembaga-lembaga Madrasah Ibtidaiyah terdekat. Hal ini dilakukan agar mahasiswa dapat melihat secara langsung kondisi dan iklim pembelajaran siswa di MI agar dapat menjadi bahan pembelajaran dan evaluasi pada mata kuliah yang relevan dengan prodi PGMI.

Desain pembelajaran mahasiswa didukung dengan dosen-dosen PGMI yang memiliki kompetensi dibidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pengetahuan dan pengalaman dosen PGMI dapat menjadi bahan belajar bagi mahasiswa agar proses akademik menajadi lebih optimal.

Tampilkan Lebih Banyak expand_more

Pilih Jalur Pendaftaran

PMB Hybrid S1 & S2 2024 - Seleksi Mandiri PTS

Biaya Formulir Pendaftaran S1 : 100.000 & Biaya Formulir Pendaftaran S2 : 500.000

Hybrid

1 Januari 2024 - 31 Desember 2024

Biaya Daftar
Rp. 100.000 - Rp. 500.000

PMB Mandiri S1 & S2 TA.2024 - Seleksi Mandiri PTS

Biaya Formulir Pendaftaran S1 : 100.000 & Biaya Formulir Pendaftaran S2 : 500.000

Reguler

1 Januari 2024 - 31 Desember 2024

Biaya Daftar
Rp. 100.000 - Rp. 500.000

Kami siap membantu anda

Apabila kamu memiliki kendala atau pertanyaan. Silakan hubungi kami atau dapat juga membaca user guide (petunjuk) pendaftaran terlebih dahulu

Butuh Bantuan? Hubungi Kami!